3 Penyebab Blog Dibanned AdSense, Blogger Wajib Tahu!

Posted on

Pernahkah Anda mendengar blog yang tiba-tiba dibanned AdSense? Saat ini Anda bisa meraup keuntungan atau mendapatkan penghasilan tambahan dari Google AdSense dengan cara melakukan monetisasi.

Jika Anda sudah mendaftarkan blog Anda maka sebaiknya sebagai pemilik akun AdSense perlu memahami dan mematuhi kebijakan dari Google AdSense sendiri. Tentu saja hal tersebut bertujuan agar website atau blog Anda aman dari banned.

Namun terkadang sangat banyak para blogger yang melanggar aturan dari Google AdSense sehingga situsnya di banned. Tentu saja agar hal tersebut tidak terjadi pada situs Anda maka ketahui penyebab-penyebabnya.

3 Jenis Pelanggaran yang Paling Umum

Dengan memahami dan mematuhi aturan maka Anda tetap bisa memanfaatkan keuntungan dari internet. Padahal penyebab dibanned pun sangat jelas dan ada tiga jenis pelanggaran paling umum terjadi, berikut ulasannya.

1. Salah Memberi Label Pada Iklan

Penyebab blog dibanned AdSense, terkadang sangat sepele misalnya hanya karena salah dalam memberi label iklan. Siapa sangka kesalahan tersebut membuat situs Anda mendapatkan masalah dan berpengaruh pada penghasilan. 

Jadi pada umumnya label iklan merupakan judul iklan dan cenderung diletakkan di bagian atas iklan. Label tersebut apa judul juga sudah ditentukan oleh pihak Google AdSense dan Anda tidak boleh melanggarnya.

Judul atau label yang diperbolehkan adalah kata iklan dan kata pesan sponsor, jadi selain 2 kata tersebut maka tidak termasuk dalam label atau judul sehingga tidak diijinkan oleh pihak Google.

Sayangnya hal tersebut sering disepelekan oleh banyak blogger misalnya menempatkan judul dengan kalimat yang menyuruh pengunjung untuk klik iklan. Terkadang pelanggaran tersebut juga terjadi karena tidak sengaja.

Beberapa iklan memiliki tampilan sebuah tulisan yang memang menyerupai judul atau label sehingga situs Anda pun dianggap melanggar. Untuk menghindarinya sebaiknya gunakan label yang sudah ditentukan atau tidak memasang sama sekali.

2. Iklan Tumpang Tindih Juga Penyebab Dibanned AdSense

Pelanggaran lainnya atau penyebab mengapa akun Anda di-banned adalah adanya iklan atau konten yang terlihat tumpang-tindih atau tidak beraturan. Biasanya iklan yang terpasang tertutupi oleh konten lainnya atau sebaliknya.

Banyak juga kasus yang terjadi karena iklan tampil di atas postingan atau postingan tersebut sangat pendek. Karena postingan sangat pendek maka seolah-olah iklan menutupi konten sehingga hal tersebut membuat situs dibanned.

Agar tidak terjadi hal demikian maka cobalah untuk menghindari memasang iklan di bawah menu navigasi dropdown, Anda juga bisa memasang iklan berdekatan dengan iklan lainnya agar lebih aman.

Tips lainnya adalah jangan menggunakan widget melayang karena secara tidak sengaja bisa menutupi konten dan hindari juga memasang iklan di atas jika konten yang disajikan sedikit atau cukup pendek.

3. Iklan Terpasang di Search Page

Penyebab situs dibanned AdSense lainnya adalah pemasangan iklan yang terletak pada search page atau halaman pencarian. Karena hal tersebut secara tidak langsung menyebabkan Anda melanggar sebuah pelanggaran.

Bahkan terkadang jika ada pengunjung yang memasukkan kata kunci tidak pantas di form pencarian maka juga mengakibatkan akun AdSense Anda dibanned. Karena kata kunci tersebut akan muncul di URL dan page search.

Lalu ketika url dan halaman pencarian tersebut terdeteksi oleh pihak Google maka tentu saja akan dianggap sebagai pelanggaran. Jadi sebaiknya jangan memasang iklan di halaman pencarian agar tidak terkena banned.

Jadi sebaiknya agar Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense maka ketahui apa yang boleh dan tidak boleh. Hindari hal-hal yang akan merugikan atau membuat akun Anda ada dibanned AdSense.

Keyword: dibanned AdSense

Deskripsi: penyebab blog dibanned AdSense yang perlu Anda ketahui sehingga bisa mengatasinya dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *