8 Alasan Kenapa Online Shop Membalas Melalui Pesan Pribadi

Posted on

Apa kabar kaum-kaum online dan cod, ada banyak di sosial media atau online shop yang pedagang atau penjual barang nya setelah memposting suatu barang dagangan dan ketika ditanya “berapa harga nyaa atau lokasi nya di mana” orang-orang yang ingin beli barang itu tapi si penjual membalas dengan “Cek inbok atau yang lebih familiar nya CPM atau CP yang artinya Cek Privat Massenger atau inbox atau whatsapp. Hal ini sudah lumrah ditemukan pada akun sosial media online shop di instagram, facebook dan di forum-forum jual beli lain nya, Alasan Kenapa Online Shop Membalas Melalui Pesan Pribadi sangat banyak dijumpai di kanal apa saja.

Opini ke-1

Saat akun online shop membuat suatu postingan barang untuk di jual, pasti ada sebagian yang menanyakan harga barang tersebut melalui kolom komentar. Hal ini terjadi karena online shop itu tidak memberikan harga barang pada postingan tersebut.

Dan disaat orang menanyakan soal harga barang kepada akun online shop tersebut, rata-rata admin online shop itu akan menjawab dengan kalimat “cek inbok kak, cek inbox sis, cek inbox bro, cek inbox mbak, dm kak, pm sis” dan kalimat sejenis nya. Ini biasanya sering dilakukan oleh online shop untuk memberitahukan ke calon pembelinya bahwa admin online shop itu sudah mengirim detail deskripsi barang yang ditanyakan pada chatt atau pesan pribadi atau yang familiar disebut dengan inbox atau private messanges.

Pasti pernah ada bayangan yang mampir ke angan-angan sang pembeli “kenapa oline shop itu tidak menjawabnya langsung di kolom komentar. Karena jika admin Olshop menjawabnya secara langsung, pasti nya tidak ada calon pembeli lagi yang menanyakan hal tersebut secara berulang.”

Opini ke-2

Mungkin diantara calon pembeli ada yang berpikir seperti itu. Sebenarnya bukan hanya calon pembeli, mungkin ada juga orang yang kebetulan melihat postingan tersebut juga sempat terpikirkan oleh nya dan membuat susah tidur karena tidak tahu betul alasan admin olshop melakukan hal seperti itu, apakah termasuk dalam strategi marketing?

Sebelum jauh melanjutkan pembahasan di artikel ini, ada pertanyaan sederhana yang mungkin bisa menjadi perwakilan seluruh calon pembeli ketika ingin membeli barang secara online di olshop. Pernah tidak kalian merasa jengkel ketika ada admin online shop yang menjawab pertanyaan harga barang di kolom komentar namun di jawab dengan jawaban cek inbok kak?

Sebenarnya ada alasan kuat dibalik jawaban yang admin olshop tersebut memberikan jawaban kepada calon pembeli di kolom komentar postingan jualan mereka, setelah membaca penjelasan dari artikel ini, mungkin calon pembeli akan berpikir lagi untuk merasa jengkel ataupun marah kepada admin online shop yang menjawab secara melalui pesan privasi seperti pembahasan di atas.

Alasan Kenapa Online Shop Membalas Melalui Pesan Pribadi

Inilah alasan kenapa admin olshop menjawab pertanyaan calon pembeli di pesan pribadi atau Inbox.

  1. Melindungi Reseller

    1.  

    Salah satu alasan yang penting kenapa Admin online shop menjawab cek inbok saat ditanya soal harga produk yang dijual adalah untuk melindungi reseler Olshops tersebut. Apa maksudnya?

    Seperti yang diketahui, banyak online shop tidak serta merta hanya menjual barang mereka tanpa mencari orang luar atau reseller. Ada beberapa Olshop yang memiliki reseller untuk membantu menjual barang dan agar dapat memperluas jangkauan pasar untuk menjual barang Olshop nya.

    Biasanya harga yang dipasang oleh reseller berbeda-beda dengan harga yang dipatok oleh produsen atau tangan pertama atau penjual asli nya.

    Dengan demikian, wajar apabila online shop tersebut memberikan informasi detail harga barang yang dijual melalui inbox personal, karena jika dijawab pada kolom komentar maka itu akan menghancurkan harga yang dipasang oleh reseller nya.

    Jadi itulah salah satu alasan admin online shop menjawab cek inbok saat ditanya soal harga produk, karena untuk melindungi reseller Olshop tersebut.

  2. Menghindari Kompetitor yang Usil

    Alasan ini mungkin jarang diketahui, kenapa online shop memberi tahu harga via inbok, karena untuk menghindari kompetitor yang usil atau nakal. Nakal disini maksudnya adalah kompetitor yang suka mencuri lapak olshop lain, menyerobot calon pembeli olshop tersebut dengan memberi tawaran dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga barang dagangan olshop itu.

    Hal seperti ini tentu sangat merugikan bagi olshop yang bersangkutan, karena admin olshop yang sudah capek-capek promosi disosial media tapi malah kompetitor usil atau nakal tersebut yang mendapat orderan atau closing.
    Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut biasanya admin online shop akan menyiasatinya strategi dengan menggiring calon pembeli ke obrolan atau chatting yang lebih personal. Dengan percakapan yang lebih personal, tentunya dapat mengurangi resiko munculnya kompetitor yang usil atau nakal.

  3. Agar Lebih Personal

    Personal atau pribadi, saat calon pembeli diajak beralih dari kanal postingan ke pesan inbok yang lebih privasi dan personal maka hal tersebut dapat membuat calon pembeli akan merasa lebih dihargai privasinya. Kok bisa?

    Bayangkan saja. Apakah calon pembeli akan selalu bertanya soal harga barang nya saja? Tentu saja tidak. Terkadang setelah mereka bertanya tentang harganya, akan ada pertanyaan lain yang menyusul setelah mengajukan pertanyaan tentang harga barang yang terposting.

    Dengan cara memberi tahu harganya di pesan yang lebih personal maka admin online shop tersebut akan lebih mudah menjaga privasi dari calon konsumen nya jika se waktu-waktu ada pertanyaan yang bersifat sensitif.

  4. Menghindari calon pembeli yang usil

    Bayangkan juka berada di posisi sebagai seorang penjual atau admin online shop, terkadang ada saja ketika setelah membuat postingan di forum jual beli lalu ada orang usil yang berkomentar nyeleneh dan membuat postingan jualan itu menjadi dipandang jelek bagi orang-orang lain, contoh sederhana adalah komentar jika harga yang dipasang terlalu mahal.

    Kata “mahal” tentu saja akan memberikan perspektif yang merugikan terhadap barang yang akan dijual, ini bisa saja terjadi karena orang lain akan menganggap bahwa ternyata masih ada Olshop lain yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah dan ekonomis.
    Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka dagangan yang akan dijual kemungkinan besar tidak akan laku terjual.

  5. Supaya lebih mudah untuk closing

    Melalukan komunikasi yang lebih pribadi maka admin olshop tersebut akan lebih mudah dalam bernegosiasi dengan calon pembelinya, dengan strategi marketing atau pendekatan yang lebih pribadi ini tentunya akan membuat admin olshop lebih cepat closing di banding dengan berbalas pesan melalui kolom komentar.

    Chat yang lebih pribadi dapat meningkatkan jumlah closing dibanding dengan membalas obrolan di kolom komentar, ini bisa saja terjadi karena chat pribadi lebih banyak memberikan kedua belah pihak ruang untuk mengatur atau menyakinkan calon pembeli terhadap produk yang dijual.

  6. Menghindari protes dari pembeli lain

    Setiap konsumen atau manusia tentu mempunyai karakter yang berbeda-beda, disaat melakukan negosiasi untuk membeli barang. Sudah menjadi tradisi turun-temurun yang sulit untuk dihilangkan begitu saja, terutama yang berkaitan dengan harga barang dagangan.

    Sebagai penjual apalagi admin online shop tentunya harus memiliki pemikiran yang jauh kedepan dan pintar-pintar menyiasati srategi seperti ini agar tidak gulung tikar atau rugi.
    Contoh saja, misalkan pembeli pertama meminta harga diskon ketika si pelanggan memesan barang dengan jumlah yang lebih banyak. Katakanlah jumlah nya 500 pcs. Lalu, ada pembeli kedua yang meminta diskon dengan harga yang sama seperti pembeli pertama tadi, namun jumlah barang yang di order hanya 5 pcs. Selanjutnya ada pembeli ketiga yang meminta harga yang sama seperti pembeli pertama dan kedua sedangkan jumlah barang yang akan dipesan hanya 1 pcs saja.

    Hal seperti ini tentu akan menimbulkan masalah dan problem yang berujung banyak nya protes dari pembeli lain jika tidak menggunakan strategi. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi maka admin online shop akan membawa calon pembelinya ke percakapan yang lebih pribadi seperti misalnya dm, pm, inbok.

  7. Menghindari komentar tawar menawar

    Nawar doang beli kagak, setiap penjual pasti pernah mendapati konsumen yang melakukan penawaran terhadap harga barang yang dijual, lumrah namun terkadang biasanya orang akan memberikan penawaran yang membuat si penjual begitu terpukul lalu membalas penawaran dengan seramah mungkin walaupun di dalam hati tersirat perkataan “Nawar gada Ahklak”.

    Jika hanya satu orang saja yang melakukan penawaran, mungkin tidak begitu berarti. Namun, calon pembeli lain akan ikut melakukan tawar-menawaran yang akan membuat sakit batin 2x lebih sakit setelah melihat penawar sebelumnya.

    Hal seperti ini tentu akan membuat barang yang dijual tidak ada nilainya lagi. Maka dari itu, sangat penting hukum nya admin online shop untuk membawa calon pembeli ke percakapan yang lebih pribadi dan personal atau inbok.

  8. Mencari Calon Pembeli yang Berkualitas

    Alasan lain kenapa admin online shop mejawab cek inbok saat ditanya soal harga, karena untuk melakukan filterisasi calon pembeli yang berkualitas. Berkualitas maksudnya adalah calon pembeli yang memang benar-benar punya minat untuk membeli produk yang dijual.

    Dengan cara memberi tahu harga melalui pesan pribadi admin olshop tentu mudah untuk mencari tahu mana calon pembeli yang benar-benar minat terhadap produk yang dijual dan calon pembeli yang hanya usil atau sekedar bertanya saja atau bisa juga disebut php alias pemberi harapan palsu, “kata netizen”.

Itulah Alasan Kenapa Online Shop Membalas Melalui Pesan Pribadi yang telah disurvei yang sudah dikumpulkan dari pihak admin atau penjual online shop dan pembeli, semua pendapat dapat dilontarkan karena pada dasar nya manusia memiliki pandangan yang berbeda-beda dan unik. semoga artikel ini dapat memberi informasi yang bermanfaat dan setelah membaca artikel ini orang mendapat ilmu baru. Artikel lain nya ada di beranda https://se-fruit.com

One thought on “8 Alasan Kenapa Online Shop Membalas Melalui Pesan Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *