Pengertian Lengkap, Jenis – Jenis, Fungsi Peranti Pengolahan Komputer ( Processing Device ) 

Posted on
Peranti Pengolahan (Processing Device) 

Kali ini admin akan menuliskan artikel mengenai Peranti pengolahan (Processing Device) pada komputer.

Baca juga : Peranti Masukan pada Komputer Input.

Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain.

Prosesing perangkat, processing device, komputer
Pengertian Lengkap, Jenis – Jenis, Fungsi Peranti Pengolahan Komputer ( Processing Device ) 

Baca juga : Pengenalan Perangkat Lunak Komputer / Software

1. Motherboard

Motherboard/ sering disingkat Mobo / papan sirkuit utama berfungsi sebagai tempat berbagai macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.


2. RAM (Random Acces Memory) 

RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasioperasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC, yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) 16 GB (GigaBytes). adapun perkembangan RAM dari waktu ke waktu :

Baca juga : Pengenalan Perangkat Keras Komputer / Hardware.

* Static RAM (SRAM) 
* Non Nolatile RAM (NV-RAM) 
* Dynamic RAM (DRAM) 
* Syncronous DRAM (SDRAM) 
* DDR RAM (Dual data rate RAM) 
* DDR II RAM (DDR generasi kedua) 
* DDR III RAM (DDR generasi ketiga) 

3. Harddisk

Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer. harddisk terbagi dalam dua kategori yakni ATA dan SATA ( serial ATA ), harddisk ATA mempunyai koneksi 40 pin dan Harddisk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin. Harddisk SATA lebih cepat dari Harddisk mendukung koneksi SATA maka kita tidak bisa menggunakan harddisk SATA. Sekarang ukuran Harddisk sudah sangat besar, seperti 500GB, 750GB, dan 1000GB (1 TB Terra Byte). 

Baca juga : Sejarah Komputer yang Harus Kita ketahui (Generasi 1-5)

4. Prosessor

Prosessor berfungsi sebagai otak yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

Baca juga : Pengertian Lengkap Komputer

5. Power Supply ( PSU ) 

Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber ( listrik PLN ) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.

6. Sound Card 

Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.


7. LAN Card

LAN Card berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN.

8. VGA Card 

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis ( gambar) untuk ditampilkan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan. Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu :
VGA Card PCI ( Peripheral Component Interconect ) 
VGA Card AGP ( Accelerator Graphics Processor) VGA Card PCI-E ( PCI Express ) 

Baca juga : Perkembangan Komputer dari Tahun ke Tahun

8. Baterai CMOS

Complementary metal oxide-semiconductor (CMOS) 

CMOS adalah : suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya.
Itu dulu dari admin, bila ada request bisa dituliskan dikomentar.

One thought on “Pengertian Lengkap, Jenis – Jenis, Fungsi Peranti Pengolahan Komputer ( Processing Device ) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *