3 Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog

Spread the love

Assalamu’alaikum,wr,wb. 3 Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog – Menjadi blogger memang tidak sulit, jika sudah paham tentang ilmu dan trik nya. Namun tidak sedikit orang yang memulai menjadi blogger tanpa ada latar belakang di dunia blogging.

Pendahuluan

Terlebih pada bagian pengisian konten blog yang dimiliki, sebagian besar biasa menulis artikel terlebih dahulu di dalam aplikasi atau software offline seperti, ms.word, notepad, ginger, dan lain sebagainya. Tapi tidak sedikit juga blogger menulis artikel langsung di dalam dasboard blog yang dimiliki.

Baca juga: 3 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Sebelum menulis tentu seorang blogger harus punya inspirasi untuk menentukan niche atau tema dalam sebuah postingan artikel.

Nah, untuk mencari tema atau pokok pembahasan yang akan dituangkan ke dalam artikel nanti terkadang seorang blogger langsung mendapat sebuah gagasan tema untuk artikel yang akan ditulis nya. Namun terkadang ada juga kala nya seorang blogger stuck atau kehilangan insting dan kebingungan mencari tema untuk artikel yang akan ditulis.

Maka dari itu sedikit saran, jika sedang menjalani aktivitas sehari-hari dan dirasa ada ide yang sekedar numpang lewat, tidak ada salah nya untuk dicatat terlebih dahulu agar tidak lupa saat ingin menulis artikel di blog nanti.

Mencatat ide atau gagasan tema dalam artikel adalah sebuah hal yang sepele, tapi jika tidak dilakukan maka seorang blogger akan kehilangan 1 buah konten artikel yang bisa diposting menjadi artikel.

Terutama blogger pelupa seperti saya XD Setiap ada ide lewat dibenak pasti langsung dicatat. Maka dari itu mencatat sebuah ide adalah hal yang sederhana namun terasa sampai kemana-mana XD

Tentukan Tema Artikel

Menentukan tema untuk artikel yang akan dibuat merupakan hal yang penting dan harus dilakukan untuk seorang blogger, apalagi untuk seorang pemula atau newbie seperti saya.

Agar tidak tersendat-sendat atau kaku dalam membuat artikel, maka sangat perlu bagi seorang blogger menentukan tema yang dirasa bisa dikuasai, atau setidak nya mengerti dan paham apa yang nanti nya akan dibahas di dalam artikel tersebut.

Cari Tema Artikel yang Dikuasai

Banyak sekali blogger yang menulis artikel tidak menurut dengan kapasitas yang dikuasai, dan jika itu sering dilakukan maka lambat laun waktu berjalan maka akan stuck dan kehabisan ide untuk menulis artikel.

Kehabisang ide untuk menentukan topik dalam artikel adalah sesuatu yang buruk, karena berawal dari kebiasaan rewrite artikel atau mencari konten orang lain lalu di tulis ulang dengan bahasa yang berbeda.

Memang sesuatu yang instan terlihat lebih enak, pada awal nya saja. Namun tanpa disadar blogger tersebut tidak akan maju dan berproses seperti blogger yang lain. Dengan mandiri seorang blogger mencari dan menentukan topik artikel nya.

Jangan Lupa Riset Kata Kunci atau Keyword

Sebelum menuangkan ide atau tema ke dalam artikel, sebaik nya seorang blogger menyempatkan diri untuk Meriset kata kunci tersebut ke tools atau website penyedia riset keyword.

Ada banyak sekali layanan tersebut contoh, Neilpatel, adword, mooz, dan lain sebagai nya. Mengapa penting untuk riset kata kunci untuk judul artikel?

Karena seorang blogger tidak akan tahu kata kunci yang akan dibuat menjadi artikel tersebut apakah sedang tren untuk saat ini, atau sekedar melihat persaingan blog lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Jangan salah langkah, untuk pemula seperti saya lebih baik dan dianjurkan untuk mencari kata kunci yang persaingan nya rendah atau mudah sebagai contoh, kata kunci yang didapat “Cara Membuat Blog” tanpa meriset kata kunci blogger tidak akan tahu persaingan dalam sebuah kata kunci itu. Maka dari itu harus melakukan riset untuk kata kunci yang akan digunakan sebagai pembahasan di dalam artikel.

Baca juga: 3 Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung Blog

Search Engine Optimize atau SEO

Bagi pemula seperti saya, mungkin akan sedikit menghiraukan kata SEO di dalam artikel yang dibuat. Tapi sebisa mungkin untuk mempelajari dasar-dasar SEO dalam penulisan Artikel.

Menurut saya pribadi Seo adalah kata Ambigu, kenapa?

Karena dari sejak awal merintis dan menyalurkan hobi untuk menjadi blogger, bertanya dan mendapat informasi dari banyak orang di dalam grup, komunitas, forum blogger, Seo bisa diartikan berbeda-beda menurut orang satu dan orang lain nya (dalam segi penulisan artikel) Kenapa demikian?

Sebagai contoh sederhana, Si A mengaggap penulisan artikel dengan kata individu seperti, aku, kamu, anda, saya adalah penerapan SEO karena menulis artikel dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan bisa dibilang akrab kepada pembaca merupakan penerapan SEO dalam penulisan artikel.

Namun menurut Si B, Penulisan artikel dengan kata aku, kamu, anda, saya, adalah sesuatu yang salah untuk menerapkan SEO pada penulisan artikel. Semua kembali kepada diri masing-masing, jadi inti nya beda panutan beda penafsiran XD

Baca juga: 3 Langkah Menjadi Seorang Blogger Professional

Tulis Artikel Sesuai KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) EYD

Jangan asal-asalan menulis artike, perhatikan setiap kata yang ditulis karena itu juga berperan menentukan artikel yang dibuat apakah relevan bagi SERP (Search Engine) Google.

Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog
Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog

 

3 Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Kegiatan riset sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa mengetahui tulisan apa saja yang disukai dan paling banyak dicari oleh para pengunjung.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu, nantinya kamu akan bisa mendapatkan keyword yang tertarget dan berpotensi besar untuk dapat ditemukan di mesin pencari Google.

Kamu bisa melakukan riset dengan menggunakan berbagai macam aplikasi dan juga situs yang ada di internet baik yang gratis maupun yang berbayar.

  1. Terapkan SEO Pada Saat Penulisan

Setelah melakukan riset, cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat konten berkualitas untuk blog adalah dengan menerapkan SEO pada saat penulisan.

Banyak yang sangat menyepelekan SEO, padahal efek yang ditimbulkan sangatlah besar. Jika optimasi SEO sudah dilakukan dengan baik, maka nantinya tulisan yang kamu buat pada blog akan berpotensi besar untuk diihat oleh banyak pengunjung.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengalahkan para pesaingmu yang juga menulis pembahasan seperti yang kamu buat.

  1. Buatlah Tulisan yang Enak Dibaca

Melakukan riset dan juga menerapkan seo pada saat penulisan akan terasa sangat percuma jika tulisan yang kamu buat tidak enak untuk dibaca. Konten yang berkualitas, biasanya akan sangat enak untuk dibaca.

Karena jika tulisan sudah enak untuk dibaca, sudah pasti para pengunjung yang membaca tulisan tersebut akan dengan sangat mudah untuk memahami dan juga mengambil intisari pada tulisan yang dibaca.

Namun jika tulisan yang dibuat tidak enak dibaca, para pengunjung akan cenderung merasa bosan dan tidak dapat memahami tulisan tersebut. Kalau sudah begini, nantinya para pengunjung tidak akan mau lagi untuk membaca tulisan yang ada di blog kamu.

Menulis artikel sesuai kemampuan akan lebih nyaman dari pada harus mengejar target yang terkadang membuat prustasi.

Tulislah artikel sebaik mungkin dan komentar pembaca merupakan sebuah cerminan penilaian dari tulisan artikel yang dibuat.

Penutup

Berahkir sudah pembahasan 3 Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas untuk Blog kali ini, jika merasa kebingungan atau semakin bingung setelah membaca artikel ini silahkan berkomentar. Terima kasih, Wassalamu’alaikum,wr,wb.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *